10 Progressive Metal Band Terbaik

10. Porcupine Tree



Porcupine Tree adalah kelompok musik Progressive Rock yang dibentuk di Hemel Hempstead, Hertfordshire, Inggris oleh Steven Wilson. Musik mereka adalah gabungan dari musik Rock, Psychedelia, dan Heavy Metal.


9. Meshuggah



Meshuggah adalah band Swedia Progressive Metal dari Umeå, dibentuk pada tahun 1987. Mereka dikreditkan dengan kerajinan subgenre Djent. Line-up Meshuggah terdiri dari anggota pendiri vokalis Jens Kidman dan gitaris utama Fredrik Thordendal, drummer Tomas Haake, yang bergabung pada tahun 1990, gitaris ritme Mårten Hagström, yang bergabung pada 1992 dan bassis Dick Lövgren sejak 2004.


8. Queensryche



Queensrÿche adalah grup band Progressive Metal yang dibentuk pada 1981 di Bellevue, Washington, dekat Seattle. Mereka telah menerbitkan 9 album studio dan satu EP.


7. Gojira



Gojira adalah band Progressive Metal dari Bayonne, Prancis. Band ini dikenal sebagai Godzilla hingga 2001. Gojira terdiri dari Joe Duplantier pada vokal dan gitar ritme, saudaranya Mario Duplantier pada drum, Christian Andreu pada gitar utama, dan Jean-Michel Labadie pada bass.


6. Between the Buried and Me



Antara Buried and Me adalah band Progressive Metal  Amerika dari Raleigh, North Carolina. Dibentuk pada tahun 2000, band ini terdiri dari Tommy Giles Rogers Jr, Paul Wagoner, Dustie Waring, Dan Briggs, dan Blake Richardson.


5. Mastodon



Mastodon adalah band Heavy Metal Amerika dari Atlanta, Georgia, dibentuk pada awal tahun 2000 dan terdiri dari bassis Troy Sanders, gitaris Brent Hinds dan Bill Kelliher dan drummer Brann Dailor.


4. Symphony X



Symphony X adalah band Progressive Metal Amerika dari Middletown, New Jersey, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1994, band ini terdiri dari gitaris Michael Romeo, keyboardist Michael Pinnella, drummer Jason Rullo, vokalis Russell Allen dan bassis Michael Lepond.


3. Tool



Tool adalah band American Progressive / Alternative Metal, yang dibentuk pada tahun 1990. Band ini disatukan antara Maynard James Keenan (Vokal), Danny Carey (Drums), Adam Jones (Gitar) dan sejak 1995 Justin Chancellor (Bass). Band ini dikenal karena pengaruh mereka dari suara elektronik dan lagu-lagu mereka yang sangat rumit dan anehnya terstruktur. Mereka merilis album debut mereka "Undertow" pada tahun 1993 dan kemudian mengeluarkan album terkenal lainnya, seperti "Lateralus" dan "10.000 Days". Band ini telah menetapkan warisan sebagai salah satu band Progressive Metal dan Alternative Metal yang paling terkenal dan dicintai sepanjang masa.


2. Opeth



Opeth adalah band Progressive Death Metal Swedia dari Stockholm, dibentuk pada tahun 1990 oleh David Isberg, yang mengundang Mikael Akerfeldt ke dalam band sebagai seorang bassis. Isberg akhirnya meninggalkan band, yang menyebabkan Mikael menjadi vokalis band, gitaris, penulis lagu utama, dan kekuatan pendorong. Seiring dengan Edge of Sanity, Opeth dikreditkan dengan menjadi band Progressive Death Metal pertama, meskipun mereka sekarang bermain Progressive Rock. Akerfeldt berteman baik dengan Jonas Renkse dari Katatonia, dan Steven Wilson dari Porcupine Tree.


1. Dream Theater


Dream Theater adalah band beraliran Progressive Metal yang dibentuk pada tahun 1985 di Amerika dengan nama "Majesty", Tapi setelah itu berganti nama menjadi Dream Theater.

Band ini merilis album "When Day and Dreams Unite" pada tahun 1989, Tetapi kesuksesannya mulai setelah album kedua mereka yaitu "Images and Words". Sejak dirilisnya Dream Theater, mereka menjadi band beraliran Progressive Metal paling terkenal dan sukses di dunia.

Pada tahun 2010 drummer dari band ini Mike Portnoy keluar dari band ini untuk mengejar proyek lain, lalu digantikan oleh Mike Mangini.




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer